Jumat, 12 November 2010

Cameron Terusik dengan Klaim Bush

Perdana Menteri Inggris David Cameron mengkritik mantan Presiden AS George W. Bush atas klaimnya bahwa penggunaan waterboarding dan teknik penyiksaan telah menyelamatkan nyawa warga Inggris. Bush dalam bukunya Decision Points menyatakan bahwa penggunaan waterboarding terhadap para tersangka teroris telah membantu menggagalkan rencana serangan ke Bandara Heathrow dan pusat bisnis Canary Wharf di London.
Cameron menyebut waterboarding sebagai tindakan tidak terpuji, ketika ia diminta untuk mengomentari apakah penggunaan teknik itu oleh AS telah membantu mencegah serangan ke Inggris. Demikian dilaporkan Press TV kemarin (Jumat,12/11).
Menurut Cameron, teknik penyiksaan dan penahanan terhadap para tersangka teroris di penjara Guantanamo tanpa proses hukum sebagai langkah yang kontra produktif. Ditambahkannya, kebijakan ini bisa membantu teroris menggalang dukungan.
"Saya berpikir bahwa penyiksaan adalah cara keliru dan kami harus sangat jelas tentang hal ini," kata Cameron di sela-sela KTT G-20 di Seoul, Korea Selatan.
Dalam bukunya itu, Bush mengakui menggunakan teknik interogasi keras terhadap para tersangka teroris di penjara-penjara rahasia AS. Ia mengatakan telah memberi restu untuk "meningkatkan teknik interogasi" terhadap para tawanan yang ditahan di penjara rahasia AS. (IRIB/RM)

0 komentar:

Posting Komentar