Jumat, 12 November 2010

Wisata di Iran

Wisata ke tepi laut ada di Caspian Sea, menikmati suasana pantainya, dengan debur ombaknya yang tidak begitu kuat, sepi dari orang-orang yang mandi dengan baju renang, karena di Iran dilarang membuka aurat di area umum. Disini juga bisa belanja Caviar di pabriknya dengan harga sangat murah. Di Bandar Turkaman, Gordan, Iran. Telur Caviar dalam kaleng produksi Khajenafas Fishery yang segar langsung dapat dimakan. Khajenafas Fishery berlokasi sekitar 20 kilometer dari Bandar Turkaman di Caspian Sea di utara Iran. Telur dari ikan Sturgeon roe, yang disebut caviar terbaik yang lembut membelai lidah.
Penginapan ditepi pantai dan suasana pantainya. Kiri bawah Hotel di tepi pantai.

Wisata Musim Dingin, Main Ski di Dizin, cuma 1 jam perjalanan mobil dari Tehran terletak di Pegunungan Alborz. Jalan menuju Dizin dan Bangunan tempat peristirahatan di Dizin.
Ada 16 Ski resort di Iran, Dizin lah yang paling terkenal. Main ski di ketinggian maksimum 850 meter. Dizin Winter resort ini terletak di Barat Laut Tehran. Sewaan sepatu ski juga tersedia bersama instrukturnya sehingga main ski jadi lebih menyenangkan buat pemula. 

Menikmati kota tua dan reruntuhan di Bam, kota modern Bam disekitar Bam Citadel ini sebelum gempa 2003 populasinya sekitar 78.400 orang. 


Persepolis ('Takht-e Jamshid') adalah peninggalan Tempat Upacara pada Dynasti kedua Iran Achaemenid Empire, Lokasnya 70 km barat laut dari kota Shiraz.

Ke Kota Tua bersejarah di Isfahan.

Sebelum Shah Abas 1 membangun kembali square ini lebih kecil disebut Naqsh-e-Jahan (The Design of the World). Berukuran panjang 500 meter dan lebar 150 meter. Dahulu digunakan sebagai lapangan Polo. Dibawah kanan Vank Cathedral dibangun tahun 1606 sampai 1664, Gereja Armenian pelarian Turki di Isfahan.

Jembatan Khaju dan Pedagang Copperware di Isfahan yang merupakan hasil kerajinan tangannya. Dijembatan ini kita bisa duduk2 minum teh ditemani kue Baglava serta kue lainnya di cafe tradisionalnya sambil melihat aliran air sungainya.

Ke Kota Shiraz

Makam Pujangga Saadi dan Pujangga Hafez di Shiraz
Istana Naranjestan - Shiraz
Di disain sebagai beranda "birooni" (untuk menerima tamu keluarga besar). Dibangun 1879-1886, Rumah Jaksa Persia pada masa Ghajar. Bangunan Andarooni dan birooni terhubung oleh jembatan bawah tanah.
Merupakan peninggalan Arsitek Iran masa Ghajar. Pada 1969 s/d 1979, Asian Institute menggunakan Naranjestan dibawah Archeologist Amerika Arthur Upham Pope. Sejak 1998, Kompleks ini digunakan Fakultas Art dan Arsitektur Universitar Shiraz.


Ke Kota Kashan yang letaknya di utara pusat Propinsi dan di selatan Qom. Kashan adala kota Arkeologi Iran. Arkeologinya di Siyalk Hillocks 4 km di barat Kashan merupakan pusat kebudayaan jaman pra sejarah. Dijaman Sassanide dan Safavid merupakan Ibukota pada masa Shah Abbas Safavid II. Kashan mengalami kerusakan di era Saljuqi dan Mongol. Kota ini hancur saat gempa tahun 1192 dan 1260. Kota Kashan merupakan kota sejarah, arsitektur dan agama.

Ke Kota Qom, mesjid Hazrat Fatimah Masumeh, dan Mesjid Imam Khomaeni
Arg-e Karim Khani, Penjara di jaman Shah Reza Pahlevi, Benteng kota Shiraz yang katanya Menara Pisa di Iran.

dan masih banyak lagi. Berniat jalan-jalan ke Iran?

0 komentar:

Posting Komentar